Kunci Jawaban TVRI Selasa 27 Oktober 2020 SD Kelas 4-6

Halo Sahabat TEKAPE.ID apa kabar? Pada kesempatan kali ini TEKAPE.ID akan membahas tentang Kunci Jawaban TVRI Selasa 27 Oktober 2020 SD Kelas 4-6 yuk kita simak soalnya berikut ini

Jawaban TVRI Selasa 27 Oktober 2020 SD Kelas 4-6, Belajar Tentang Perahu Kora-Kora

Berikut adalah pembahasan soal dan jawabannya:

Soal

1. Mengapa perahu kora-kora istimewa oleh masyarakat Maluku? Apa keistimewaan perahu kora-kora oleh masyarakat Maluku?

2. Apakah perbedaan penggunaan kapal kerajaan-kerajaan di Nusantara dahulu dengan masa sekarang? Jelaskan!

Jawaban

1. Perahu Kora Kora istimewa untuk masyarakat Maluku karena memiliki nilai historis tersendiri bagi masyarakat Ternate, Maluku yang salah satu keahliannya membuat perahu. Kora Kora adalah perahu perjuangan untuk masyarakat Maluku. Pada cerita sejarah lokal Ternate, kora-kora menjadi transportasi yang digunakan oleh pasukan atau prajurit Kesultanan Ternate untuk berperang.

Perahu Kora-kora telah ada sejak zaman penjajahan Portugis tahun 1200. Saat itu Portugis bermaksud menguasai kekayaan rempah-rempah yang ada di Maluku. Maka dibuatlah perahu Kora-Kora besar sebagai armada perang di laut berbentuk mirip perahu naga Cina. Selain digunakan untuk memerangi Portugis, Spanyol dan Belanda, perahu Kora-Kora digunakan untuk ritual dan kegiatan festival lomba adu dayung sebagai bagiab atraksi wisatawan domestic hingga internasional

Keistimewaan Perahu Kora Kora :

– Digunakan sebagai perahu dagang, sarana ritual dan armada perang.

– Merupakan kapal kebanggaan Sultan Ternate.

– Digunakan dalam upacara adat Kololie Kie.

– Digunakan dalam festival.

– Ada dalam Dunia FantasiAncol.

2. Perbedaan penggunaan kapal kerajaan-kerajaan di Nusantara dahulu dengan masa sekarang diantaranya:

– Penggunaan kapal kerajaan dahulu untuk perhubungan laut atau sungai, armada perang, memperluas kekuasaan dan perdagangan serta untuk menangkap ikan, dan biasanya untuk mengarungi laut, samudera, antar pulau, antar negara bahkan hingga antar benua.

– Sedangkan penggunaan kapal pada zaman sekarang adalah untuk kapal pesiar, perdagangan dan sarana transportasi, mengangkut barang-barang serta untuk melakukan perjalanan wisata.

*Disclaimer: Kunci jawaban soal ini hanya digunakan oleh orangtua untuk memandu proses belajar anak dari rumah.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Soal dan Jawaban TVRI Selasa 27 Oktober 2020 SD Kelas 4-6, Belajar Tentang Perahu Kora-Kora, https://pontianak.tribunnews.com/2020/10/26/soal-dan-jawaban-tvri-selasa-27-oktober-2020-sd-kelas-4-6-belajar-tentangperahu-kora-kora?page=all.
Penulis: Dhita Mutiasari
Editor: Dhita Mutiasari

 

Tinggalkan komentar