Mahasiswa Universitas Tanjungpura Raih 2 Medali Emas dan 1 Perunggu Pada Pekan Ilmiah Nasional ke-33

Tim Protilusi Mahasiswa Universitas Tanjungpura Pontianak meraih penghargaan pada pekan ilmiah nasional ke-33 Universitas Gadjah Mada, Selasa 8 Desember 2020.

Dr. Eng. Ferry Hadary, ST., M.Eng. mengapresiasi atas penghargaan yang telah diraih.

Adapun kategori penghargaan yang diterima tim protilusi ini adalah 2 medali emas dari presentasi dan 1 medali perunggu dari poster. Sehingga, Universitas Tanjungpura menempati ranking 6 Nasional.

Ferry Hadary, ST., M.Eng, menceritakan proses yang dilalui sampai akhirnya mendapat penghargaan ini cukup panjang.

“Saya pertama kali mengenal mahasiswi dari tim ini sejak ia masih mahasiswi baru. 3 tahun lalu, waktu dimana saya dipercayakan menjadi narasumber pada acara himpunannya. Ketika ia tampil presentasi, saya melihat potensi yang ada pada diri mahasiswi tersebut.” Ujar Ferry Hadary.

Kemudian, “ditahun 2019 kami dipertemukan kembali pada kompetisi Borneo Scientific Fair dari Lingkar ilmiah studi mahasiswa (LISMA) Universitas Tanjungpura. Saat itu, saya sebagai salah satu jurinya. Dia saat itu maju mempresentasikan hasil penelitiannya. Dari potensi yang dia punya, saya menawarkan diri untuk membimbing mahasiswi tersebut ke PKM-K,” imbuhnya.

Alhasil, dia dan teman-temannya datang untuk menerima bimbingan PKM-K. Selain dari prodi farmasi, diperlukan juga beberapa prodi lain untuk memaksimalkan tim Ini seperti dari prodi akuntansi dan prodi teknik kimia sebab akan membuat karbon aktif dari limbah kulit pisang kepok.

Dari hasil diskusi tersebut, terbentuklah tim yang beranggotakan lima orang. Kemudian tim membuat rancangan ide, pendampingan pembuatan proposal, hingga menerima hibah. Kemudian mendampingi mereka hingga monev, melihat laporan kemajuan tim, laporan akhir hingga poster. Hasil positif didapatkan tim karena dinyatakan lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 tahun 2020 ini di UGM Yogyakarta via daring.

Ferry Hadary bangga atas tim yang sudah dibimbing. Tim tersebut dari berbagai prodi dan fakultas di Universitas Tanjungpura yaitu Lestia Wahyuni, Dian Novita Sari, dan Vanie dari prodi Farmasi Fakultas Kedokteran. Sendi Fadrul Rahman dari prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tivani Belanisa dari Prodi Teknik Kimia Fakultas Teknik.

Beberapa faktor yang melandasi dibuatnya desain produk tersebut yaitu polusi udara yang menyebabkan gangguan pernafasan. Selain itu, limbah kulit pisang sangat ideal dibuat dalam ide ini serta protilusi dapat mengurangi limbah pisang dan dampak polusi.

Beberapa tahapan dalam pembuatan limbah kulit pisang kepok. Pertama-tama ambil kulit pisang setelah itu dikeringkan. Selanjutnya yaitu karbonisasi dan tahapan terakhir aktivasi. Dari tahapan ini, produk yang dihasilkan nanti adalah masker berfilter dengan karbon aktif dari kulit pisang serta filter ventilasi dilapisi karbon aktif dari kulit pisang kapok.

Ternyata selain produk diatas, limbah kulit pisang kepok bisa dijadikan sabun yang mengandung antioksidan yang baik untuk kulit. Proses kulit pisang kepok menjadi sabun yaitu kulit pisang diekstraksi , kemudian tambahkan Naoh, minyak kelapa, dan bahan tambahan lain. Dari tahapan tersebut menghasilkan sabun yang baik untuk kulit.

Dari kegiatan yang sudah dilalui, Tim Protilusi mendapat penghargaan juara desain masker terinovatif dari DEKRANASDA Kota Pontianak, memperoleh hak kekayaan intelektual (HKI) berupa Hak cipta dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan nomer Pencatatan: 000209904, Permohonan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) merek kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia berupa Pendaftaran merek atau logo PROTILUSI nomer permohonan: JID2020064518, dan dipercaya mengelola dana hibah dari PT.Pertamina (persero) DPPU Supadio dan telah diikat secara hukum dengan MoU berupa dana CSR digunakan untuk pelatihan pembuatan masker kepada pengrajin di Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu raya. (*)



Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Mahasiswa Universitas Tanjungpura Raih 2 Medali Emas dan 1 Perunggu Pada Pekan Ilmiah Nasional ke-33, https://pontianak.tribunnews.com/2020/12/08/mahasiswa-universitas-tanjungpura-raih-2-medali-emas-dan-1-perunggu-pada-pekan-ilmiah-nasional-ke-33.

Editor: Rivaldi Ade Musliadi

Tinggalkan komentar