in

Makna Sumpah Pemuda bagi Bangsa Indonesia yang Perlu Diketahui

Makna Sumpah Pemuda bagi Bangsa Indonesia yang Perlu Diketahui

Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap 28 Oktober. Hari spesial dan bersejarah di mana para pemuda dan pemudi menggelorakan semangat untuk meraih kemerdekaan tahun 1928.

Sumpah Pemuda merupakan suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Janji dalam Sumpah Pemuda tersebut membangkitkan semangat rakyat Indonesia, terurama para anak muda untuk menegaskan kemerdekaan Republik Indonesia.

Sumpah Pemuda sendiri juga memiliki cerita sejarah dan tujuan yang sakral bagi bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan sebuah tekad dan semangat para pemuda-pemudi Indonesia dalam menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari jajahan negara asing.

Dalam isi Sumpah Pemuda terdapat kandungan makna yang dalam bagi bangsa Indonesia. Maka dari itu perlunya setiap warga Indonesia mengetahui makna Sumpah Pemuda.

Berikut ini Bola.com merangkum, makna sumpah pemuda bagi bangsa Indonesia seperti dilansir dari laman Sejarahlengkap.com dan Merdeka.com, Sabtu (15/8/2020).

 


Isi Sumpah Pemuda

Dalam pertemuan yang berlangsung pada 27 hingga 28 Oktober 1928 di Jakarta menghasilkan tiga isi Sumpah Pemuda, yaitu:

 

– Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Halaman |1 | 2 | 3 | | |

Rekomendasi

Kunci Jawaban Belajar dari Rumah SD kelas 1-3 di TVRI, 28 Oktober 2020

Kunci Jawaban Belajar dari Rumah SD kelas 1-3 di TVRI, 28 Oktober 2020

Sejarah Sumpah Pemuda

Sejarah Sumpah Pemuda