in

Massa Aksi Bela Muslim Uighur Mulai Datangi Kedubes China

Tekape.id – Sejumlah massa sudah mulai mendatangi Kedutaan Besar (Kedubes) China. Mereka akan menggelar aksi unjuk rasa terkait kekerasan terhadap muslim Uighur.

Saat ini, terpantau massa sedang berduduk-duduk, berfoto-foto, dan ada juga yang sedang makan. Beberapa dari mereka membawa beberapa spanduk.

Pantauan detikcom, Jumat (27/12/2019), massa mulai berdatangan pada pukul 13.04 WIB. Mereka berjalan kaki dari arah Jl Prof Dr Satrio, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Spanduk-spanduk yang dibawa bertuliskan ‘China Stop Genocide Ethnic of Uyghurs!’, ‘Shame on You China fo Snatching Freedom of Uighur’, dan ‘Over One Millions Uyghurs Arbitralrily Detained in China, Indonesia Must Speak Up!’.

Tampak beberapa pria yang mengenakan pakaian serba putih dengan tulisan Laskar Pembela Islam (LPI).

Selain pria dan wanita dewasa, tampak ada anak-anak yang ikut demo.

Terkait adanya aksi demo, Jl Dr Ide Anak Agung Gde Agung ditutup sehingga lalu lintas dari Stasiun Tebet di Jl Prof Dr Satrio tidak dapat berbelok ke arah Mega Kuningan.

Kapolres Jaksel, Kombes Bastoni Purnama, mengatakan ada 700 personel kepolisian yang dikerahkan untuk mengamankan jalannya aksi demo. Dia mengatakan massa akan mulai aksi demo setelah salat Jumat.

Diketahui, FPI bersama ormas lain berencana menggelar demo di depan Kedubes China. Mereka mengecam tindakan China terhadap muslim Uighur di Xinjiang, China.

“Kami dari berbagai ormas Islam mengecam dan mengutuk keras tindakan zalim rezim komunis China terhadap saudara muslim Uighur kita dan akan melakukan aksi nasional di depan kedubes China atau Tiongkok pada hari Jumat, 27 Desember 2019, pukul 13.00 WIB, bakda salat Jumat,” kata Ketum DPP FPI Ahmad Sobri Lubis dalam konferensi pers di Jalan Mesjid 1, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (20/12).

Halaman 1 2

Rekomendasi

Written by Devina Putri