mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah

mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah?

Istilah pra-aksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah karena meski suatu peradaban belum mengenal tulisan, peradaban itu bisa saja sudah memiliki perkembangan lain dan sudah banyak terjadi peristiwa sejarah pada peradaban itu.

secara metodologis bagaimana kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan ?

Secara metodologis kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan dengan meneliti artifak atau berang peninggalan serta situs sejarah pedaban tersebut.

mesir mengakhiri zaman pra aksara sekitar tahun 3000 SM. tetapi diindonesia baru abad ke-5 M. mengapa demikian ?

Mesir mengakhiri zaman pra-aksara sekitar tahun 3000 SM,
tetapi di Indonesia baru abad ke-5 M. Ini karena Indonesia baru mengenal aksara dengan mengadopsi sistem tulis menulis dari India seiring masuknya pengaruh Hindu Buddha.

apa saja pelajaran yang dapat kita peroleh dari belajar kehidupan pada zaman pra aksara ?

Pelajaran yang dapat kita peroleh dari belajar kehidupan pada zaman pra-aksara antara lain adalah mengenal asal usul nenek moyang bangsa Indonesia.

Jawaban panjang:

1. Istilah prasejarah dan praaksara

Istilah ‘pra-sejarah’ diganti dengan ‘pra-aksara’ karena lebih tepat. Pada masa ini sudah banyak terjadi kejadian sejarah pada suatu peradaban meski masih belum mengenal tulis menulis, sehingga kurang tepat bila disebut prasejarah.

Seperti misalnya peradaban sungai Indus yang meski belum mengenal aksara sudah mengembangkan tata kota, arsitektur, perdagangan, perternakan hingga pelayaran.

2. Metodologi penelitian prasejarah

Kita bisa memperlajari kehidupan manusia prasejarah meskipun pada masa ini belum ada sistem tulis menulis sehingga belum ada catatan tentang kehidupan manusia. Cara mempelajarinya adalah dengan melihat peninggalan peradaban masa ini baik berupa artefak atau peralatan maupun situ purbakala. Contohnya adalah peninggalan situs purbakala berupa batu megalitikum dan kubur batu di beberapa daerah di Indonesia seperti Tana Toraja, Minahasa dan Nias.

3. Berakhirnya masa prasejarah

Masa prasejarah berakhir pada masa yang berbeda karena tiap wilayah dan peradaban mulai memiliki sistem tulis menulis pada waktu yang berbeda-beda. Di Indonesia, masa pra sejarah berakhir sejak dikenalnya sistem tulis menulis Pallawa yang dibawa seiring masuknya agama Hindu dan Buddha. Tulisan tertua di Indonesia adalah prasasti Yupa di Kutai yang berasal dari tahun 400an M.

4. Pelajaran dari masa prasejarah

Dari mempelajari masa prasejarah kita bisa mengambil pelajaran. Misalnya adalah bahwa asal usul sebagian besar orang Indonesia, terutama yang berada di Indonesia barat adalah berasal dari suku bangsa Austronesia yang berasal dari Taiwan yang bermigrasi ke kepulauan Asia Tenggara sekitar 3500 tahun yang lalu dan berkerabat dengan suku asli aborigin Taiwan. Ini dibuktikan dengan rumpun bahasa Austronesia dan bukti DNA. Sementara penduduk dari Indonesia Timur seperti Papua berasal dari migrasi pertama manusia dari Afrika sekutar 50 ribu tahun yang lalu.

Tinggalkan komentar