Rental Mobil Jogja – Sebelum Sewa Mobil di Jogja Lihat Tips Aman Gunakan Mobil Rental

Rental Mobil Jogja – Tips Aman Menggunakan Mobil Rental saat Pandemi Covid-19

Selama pandemi Covid-19 masih berlangsung, sebaiknya tetap beraktivitas di rumah jika tidak ada hal penting yang harus dilakukan di luar.

Namun, jika Mama terpaksa harus pergi keluar rumah apalagi bersama keluarga, memang amannya menggunakan mobil pribadi. Kita tahu seperti apa perawatannya dan siapa saja yang menaikinya.

Jika tidak memilikinya, Mama mungkin terpaksa harus menyewa di rental mobil. Tentu Mama khawatir dengan kebersihan mobil yang akan disewa. Tidak tahu pula siapa pemakai mobil tersebut sebelumnya, bisa saja orang yang sudah terpapar Covid-19.

Virus dapat menyebar saat kita berada di wilayah udara dengan orang yang terinfeksi, permukaan yang telah disentuhnya, bahkan wilayah udara setelah penumpang yang terinfeksi pergi.

Meski penelitian masih dilakukan, tetapi beberapa laporan awal menunjukkan bahwa virus dapat bertahan di udara hingga 3 jam dan selama 2-3 hari pada permukaan stainless steel dan plastik.

Supaya tidak was-was, Mama bisa tetap aman menggunakan mobil sewa saat pandemi Covid-19 dengan mengikuti tips yang sudah Popmama.com susun berikut ini.

1. Cari perusahaan sewa mobil yang standar kebersihannya terpercaya

Supaya aman menggunakan mobil sewa saat pandemi, sebaiknya Mama mencari tahu perusahaan penyewaan mobil yang standar kebersihannya terpercaya. Ketika mengunjungi perusahaan sewa mobil, Mama dapat mengamati situasi di sana.

Apakah menerapkan social distancing dan membatasi jumlah karyawan di lokasi, terlihat aktivitas membersihkan setiap permukaan pada mobil dengan cairan disinfeksi, dan meminimalisasi interaksi pelanggan saat mengantar atau mengambil mobil sewa tersebut.

Perhatikan pula aktivitas karyawannya, apakah menggunakan masker dan sering cuci tangan. Jika semua hal itu dilakukan, paling tidak cukup memenuhi standar kebersihan, Mama dapat melanjutkan untuk menyewa mobil dari perusahaan tersebut.

2. Bersihkan permukaan pada mobil yang sering disentuh

Sebelum menggunakan mobil sewa, kita harus membersihkan lebih dulu permukaan yang paling sering disentuh.

Charles P. Gerba, seorang profesor mikrobiologi dan kesehatan masyarakat di University of Arizona, mengatakan bahwa permukaan tersebut paling buruk jumlah total bakterinya.

Jadi, supaya aman menggunakan mobil sewa saat pandemi, berikut ini adalah beberapa permukaan yang harus dibersihkan.

Kunci mobil atau kunci fob
Setir mobil
Steering column
Konsol tengah
Tombol-tombol dan layar sentuh
Armrest
Panel aksesori
Cupholders
Kompartemen
Interior pintu
Electric switch jendela
Door pockets
Sabuk pengaman
Permukaan kursi
Seat pockets
Gagang pintu interior dan eksterior
Area antara kursi atau konsol
Area di antara jok kursi atau pintu
Pengatur jok
Panel instrumen
Kaca spion
Cermin visor
Dashboard
Perpindahan gigi

3. Tips membersihkan agar tidak merusak permukaan pada mobil

Jeff Stout, direktur eksekutif inovasi global di Yanfeng Automotive Interiors, merekomendasikan penggunaan isopropil alkohol untuk membersihkan permukaan interior kendaraan.

Isopropil alkohol murni telah diuji untuk memastikan benda seperti hiasan plastik hingga krom dicat hingga kulit imitasi, tidak rusak ketika terpapar olehnya.

Jangan gunakan pemutih atau hidrogen peroksida di bagian dalam mobil kamu. Meskipun keduanya dapat membunuh virus pada permukaan, tapi kemungkinan akan merusak pelapis mobil.

Dan jangan gunakan pembersih berbasis amonia pada layar sentuh mobil karena dapat merusak lapisan antisilau dan antisidik jari.

Stephen Thomas, MD, kepala penyakit menular dan direktur kesehatan global di Upstate Medical University, Syracuse, menambahkan bahwa sabun dan air dapat mengikis risiko penyebaran virus.

Sabun dan air juga aman untuk sebagian besar interior mobil, terutama untuk kain dan kulit tua yang mungkin sudah mulai retak. Pastikan untuk tidak menggosoknya terlalu keras. Ingat, untuk mengenakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan.

Gunakan air sabun untuk membersihkan permukaan kendaraan sebelum menyeka dengan desinfektan. Ini menghilangkan lemak dan kotoran sehingga dapat membersihkan secara efektif.

Stout dan Larry Kosilla, presiden perusahaan yang merinci soal mobil AMMO NYC dan pembawa saluran YouTube tentang perincian mobil, menyarankan pula untuk membersihkan semua permukaan pada mobil dengan kain mikrofiber.

Hal itu, karena bahan kain mikrofiber terdiri dari loop kecil-kecil yang dapat menangkap dan menyapu partikel debu agar tidak membuat goresan pada permukaan.

Jika mengelap permukaan dengan tisu, kemungkinan ada kotoran-kotoran kecil yang menempel sehingga menyebakan goresan pada permukaan.

4. Bersihkan mobil sebelum dan setelah menggunakannya

Hal lain yang dapat dilakukan supaya aman menggunakan mobil sewa saat pandemi adalah membersihkan mobil, baik sebelum maupun sesudah pemakaian.

Jika Mama menyewa lebih dari sehari, mobil sudah siap pakai pada hari berikutnya atau ketika keadaan darurat tidak perlu membersihkannya lagi.

Apabila hanya menyewa sehari pun, Mama sudah membantu untuk memutus penyebaran Covid-19 untuk orang lain.

5. Tetap lakukan protokol kesehatan saat menggunakan mobil sewa

Tetap melakukan protokol kesehatan merupakan hal yang paling penting dilakukan supaya aman menggunakan mobil sewa saat pandemi.

Pedoman Centers for Disease Control (CDC), menganjurkan untuk selalu mencuci tangan setidaknya selama 20 detik atau gunakan pembersih tangan yang setidaknya mengandung 60 persen alkohol, baik sebelum maupun setelah mengemudi kendaraan.

Gunakan masker dan jaga jarak dengan orang lain. Menghindari parkir valet akan membantu membatasi kontak dengan orang lain. Parkirlah mobil sendiri.

Gerba menyarankan untuk membawa hand sanitizer dan tisu disinfektan agar dapat digunakan ketika naik turun mobil.

Ini mengurangi kuman yang kita bawa sehingga menyebar di dalam kendaraan dan berisiko penularan Covid-19.

Sumber: popmama.com

Selain tips diatas masih ada lagi tips sewa rental mobil lainnya, lihat dibawah ini:

Tips Aman Mencari Sewa Rental Mobil Saat Liburan

Hai sobat Hipwee! Mungkin kalian yang besok akan liburan dan ingin mencari referensi jasa sewa mobil yang aman dan sesuai budget?

Oke, Saya mau sedikit berbagi tips rental mobil agar nyaman dan mudah saat kalian mau berlibur atau ada keperluan penting lainnya. Yuk simak ulasan berikut!

1. Kelebihan Menggunakan Mobil Saat Liburan

Kelebihan menggunkana sewa mobil buat sobat sekalian dibanding sewa motor tentu saja lebih memuat banyak penumpang, anti hujan dan tanpa takut kepanasan saat explore obyek wisata. Hanya untuk ongkos sedikit lebih banyak tinggal menyesuaikan budget dan kebutuhan saja, mau sewa mobil jogja harian, mingguan bahkan bulanan untuk perusahaan tertentu biasanya seperti itu.

contoh:

City car : honda brio,jazz,yaris, agya, ayla, picanto

MPV : nissan grand livina, calya, sigra, ertiga, evalia, luxio, grand new innova, calya, sigra, all new xenia, all new avanza,

Minibus : toyota hiace, isuzu elf

Mobil VIP : camry, alphard, dan fortuner,mercy dan bmw (di cari saat acara pernikahan/preweeding atau kepeluan penting lainnya

Jasa angkut : truk box, grand max box, grand max pickup ( perusahan atau saat pindahan rumah sering di butuhkan)

2. Berapa Harga Rata -Rata Sewa Mobil?

Oh ya, berapa sih kisaran harga sewa mobil saat sekarang ini? Jawabannya relatif dan fleksible, karena apa? bisa menyesuaikan menurut kebutuhan dan pemakaian.

termasuk minimal durasi rental mobil bisa sewa per 6jam, 12 jam bahkan fullday (24jam) range harga biasanya mulai 150 ribu – 450 ribu.

Mau rental mobil lebih murah lagi? Silahkan ambil sistem sewa mobil include paket wisata. Di mana nanti tempat wisata bisa juga kalian yang memilih, jasa rental mobil biasanya memberi masukan atau mengarahkan destinasi tempat wisata yang bisa dipilih random oleh user.

3. Tips Sewa Rental Mobil Agar Liburanmu Nyaman

Penting diterapkan untuk menghindari kekecewaan sobat saat sewa mobil. Browsing dahulu ke Google dan pilihlah isi di dalam website yang benar benar jujur dan profesional dalam pelayanan.

Sudah berpengalaman lama di bidang rental mobil lebih diutamakan tapi belum bisa menjadi patokan bagus dan murah, bukan lantas jasa sewa mobil yang baru lantas kurang baik.

Justru perusahaan sewa mobil terbaru biasanya lebih memberikan fasilitas tambahan atau bonus dan lebih fresh dalam pelayanan karena berusaha menjaring banyak calon customer untuk menjadi pelanggan.

4. Pesan Penyewaan Mobil Jauh Hari Sebelum liburan

Di saat high season, low season, peak season termasuk weekend, tanggal merah, libur nasional dan libur hari raya permintaan akan persewaan mobil di kota kota besar yang terdapat banyak tempat wisata meningkat drastis.

Saran saya lakukan pemesanan tanggal 2-3 minggu sebelumnya ini penting pertama masih banyak armada yang tersedia dan kedua harga sewa mobil kemungkinan belum naik.

Sesuaikan Kebutuhan Kamu

Tujuannya anda sewa mobil untuk apa? Berapa jumlah teman, saudara yang ikut berwisata? Mau kemana saja besok saat sudah tiba di tujuan?

Ini penting karena bisa menentukan budget khusus untuk rental mobil berdasar kebutuhan dan mengatur besar kecil anggaran wisata sobat Hipwee sekalian.

5. Pilih Mobil Sewa

Sudah deal berapa anggaran dan teman atau saudara yang ikut berlibur? Dan tujuan wisata di Jogja?

Selanjutnya pilihlah mobil berdasarkan kapasitas penumpang, medan yang akan dilalui apakah perkotaan atau perbukitan karena mobil ber-CC kecil sepertinya agak kurang performanya saat di tanjakan tajam seperti kalibiru kulonprogo.

Tanyakan Harga Sewa Mobil

Bertanya kepada jasa sewa untuk kriteria mobil seperti yang sobat pilih berkisar berapa harga sewanya? Dan durasi rental 12 jam atau 24 jam mendapatkan fasilitas apa saja?

Ini wajib ditanyakan saat pertama kali sewa mobil, agar jelas keterangan hak dan kewajiban antara customer dan pelaku bisnis jasa rental mobil supaya tidak terjadi miskomunikasi yang berakhir kecewa atau tidak puas dengan layanan tersebut.

6. Ketentuan Syarat Sewa Mobil System Lepas Kunci

Tanyakan persyaratannya saat anda memutuskan sewa mobil lepas kunci di beberapa perusahaan rental mobil jogja agak sedikit detail syarat yang harus dipenuhi. Perlu diketahui juga karena banyak terjadi tindak kejahatan dan pelaku orang yang tidak bertanggung jawab yang menyebabkan sewa mobil lepas kunci di Jogja lumayan banyak persyaratan yang harus dipenuhi si customer, apa saja biasanya syaratnya?

Setiap jasa sewa berbeda beda dalam ketentuan ini, maka lebih pastinya tanyakan langsung. Tetapi kalau sudah langganan biasanya mudah atau ada kenalan teman terpercaya di kota tujuan itu lebih mempermudah.

7. Kondisi Mobil Rental

Wajib di tanyakan sebelumnya bila anda memutuskan rental mobil lepas kunci karena murni anda sendiri yang membawa armada tersebut. jadi seandainya mobil mengalami masalah mesin di jalan gansis sendiri yang repot. sebelum menerima mobil sewa cek dahulu body dan kelengkapan lainnya.

Seandainya mobil baret atau penyok sebelum anda pakai tidak terjadi masalah antara kedua belah pihk siapa yang mesti bertanggung jawab.

Fasilitas Tambahan

Seperti dijelaskan di atas fasilitas tambahan ini meliputi sewa mobil lepas kunci, mobil plus driver, all in mobil driver plus BBM free drop delivery bandara hotel stasiun dan lain-lain atau paket tour wisata 1Day,2D1N,3D2N,4D3N, paket hemat, paket random tour (biasanya harga berbeda).

8. Terakhir Bayar DP pemesanan Rental Mobil

Jika semua sudah terjadwal dengan rapi,hotel, destinasi tempat wisata, armada sewa, dan tempat rental mobil Jogja lebih amannya segera membayar uang muka lebih dahulu supaya pikiran tenang dengan jadwal liburan yang matang.

Beberapa kasus hanya melakukan pemesana tetapi tidak membayar DP maka saat hari H terjadi miskomunikasi antara penyewa dan jasa sewa karena armada telah habis di pesan. Maka dari itu saya tekankan lagi pentingnya komunikasi yang detail supaya jelas dan liburan anda tidak terganggu.

Sementara itu saja share info yang sedikit membantu sobat Hipwee dan teman teman sekalian saat akan memutuskan rental mobil saat liburan, yang utama tetap selektif dan bijaklah dalam mencari jasa rental mobil jangan hanya berfokus murah tetapi harus juga ramah dan layanan mewah.

Karena murah itu relatif bila diukur dari segi kenyamanan. Jadikan liburan sobat lebih ceria dan penuh moment canda bahagia!

Sumber: hipwee.com

Apa pendapatmu?
close