Sebelumnya bagaimana cara anda merumuskan tujuan pembelajaran apakah cara tersebut masih digunakan. Sebelumnya, saya merumuskan tujuan pembelajaran dengan mengikuti prinsip-prinsip yang telah ditetapkan oleh para ahli pendidikan. Prinsip-prinsip tersebut adalah:

Tujuan pembelajaran harus jelas dan spesifik. Tujuan pembelajaran harus menjelaskan sasaran yang ingin dicapai secara jelas dan spesifik, sehingga dapat diukur kemajuan peserta didik.

Tujuan pembelajaran harus terukur. Tujuan pembelajaran harus dapat diukur dengan menggunakan indikator yang jelas, sehingga dapat menilai kemajuan peserta didik secara objektif.

Tujuan pembelajaran harus sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik. Kompetensi adalah kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik melalui proses belajar, baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik.

Tujuan pembelajaran harus mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan peserta didik. Hal ini penting agar peserta didik dapat memahami materi dengan lebih mudah dan merasa terlibat dalam proses pembelajaran.

Tujuan pembelajaran harus sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. Kurikulum adalah rancangan atau rencana pembelajaran yang dibuat oleh sekolah atau institusi pendidikan yang menjelaskan tujuan, kompetensi yang harus dicapai, sumber belajar yang digunakan, metode pembelajaran, dan asesmen yang akan dilakukan.

Jadi, cara saya dalam merumuskan tujuan pembelajaran adalah dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip tersebut agar tujuan pembelajaran yang ditetapkan jelas, spesifik, terukur, sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai, mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan peserta didik, serta sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan.