Sebutkan 10 negara anggota ASEAN

Halo Sahabat TEKAPE.ID apa kabar? Pada kesempatan kali ini TEKAPE.ID akan membahas tentang Sebutkan 10 negara anggota ASEAN yuk kita simak soalnya berikut ini

Sebutkan 10 negara anggota ASEAN

10 negara anggota ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Filipina, Kamboja, Myanmar, Vietnam, Thailand, dan Laos. ASEAN (Association of South East Asian nations) merupakan organisasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang diremikan pada tanggal 8 Agustus 1967.

Pembahasan

ASEAN (Association of South East Asian nations) merupakan organisasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN diresmikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Terdapat 10 negara anggota ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Filipina, Kamboja, Myanmar, Vietnam, Thailand, dan Laos.

 

Perlu kamu ketahui bahwa hubungan antarnegara ASEAN terjadi karena faktor pendorong sebagai berikut:

  1. Kesamaan dan perbedaan SDA, yaitu adanya kesamaan SDA mendorong terjadinya hubungan kerjasama seperti OPEC, seddangkan perbedaan SDA akan mendorong terjadinya kegiatan ekspor-impor antarnegara di ASEAN.
  2. Kesamaan dan perbedaan wilayah (kondisi geografis), yaitu akan mendorong kerjasama untuk menjaga stabilitas dan keamanan negara.

Bentuk-bentuk kerjasama ASEAN terjadi diberbagai bidang, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bidang sosial dan budaya, yaitu dengan dibentuknya COSD (Committee on Social Development) yang mengatur hubungan antarnegara ASEAN seperti pertukaran budaya ASEAN, penandatanganan ATA (ASEAN Tourism Agreement), penyelenggaraan SEAGames, dll.
  2. Bidang politik dan keamaanan, yaitu dengan dibentuknya ARF (ASEAN Regional Forum) yang mengatur hubungan antarnegara ASEAN seperti penandatanganan MLAT (Treaty on Mutual Assistance in Criminal Matters), penyelenggaraan ACCT (ASEAN Convention on Counter Terrorism), penyelenggaran pertemuan para Menteri Pertahanan, dll.
  3. Bidang pendidikan, seperti penyelenggaraan ACT (ASEAN Council of Teachers Convention), penawaran beasiswa pendidikan, dan penyelenggaraan ASEAN-Japan Scholarship Fund.

sumber: brainly.co.id

Tinggalkan komentar