in

Sebutkan Ciri Ciri Tumbuhan Dikotil

Sebutkan Ciri Ciri Tumbuhan Dikotil
Sebutkan Ciri Ciri Tumbuhan Dikotil

PERTANYAAN:

Sebutkan Ciri Ciri Tumbuhan Dikotil

JAWABAN:

1. Memiliki Biji Berkeping Dua

Tumbuhan ini memiliki biji dengan bentuk keping dua dan biasanya biji ini ada di tanaman yang memiliki bunga. Sealnjutnya tubuhan ini akan mengalami sebuah proses percambhana yang menghasilkan kotiledon.

2. Memiliki Akar Tunggang

Tumbuha  ini memiliki akar yang tunggang yang mana akarnya terus akan menjalar kedalam.  Akar ini biasanay berbentuk seperti serabut yang cukup banyak dengan ukurannya yang besar.

Akar ini nantinya yang akan meresap air di dalam tanah. Dari akar ini akan menyebarkan makanan ke seluruh bagian tumbuhan dengan menggunakan pengangkut xilem dan floem.

3. Tidak Mempunyai Tudung Akar

Tuduk akar merupakan sebuah bagian yang akan melindungi akar dari banyak gangguan. Ini berfungsi penceah terjadinya tembusan tanah pada akar sehingga akar akan tetap menjalar tanpa adanya sebuah kerusakan. Perkembangan strukstur sel yang akan membentuk organ pada akar di sebut dengan tudung akar.

4. Memiliki Daun Menjari Atau Menyirip

Daun tumbuhan ini biasanya akan terbentuk seerti menyirip atau berjari – jari. Daun ini memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

  • Memiliki tulang daun, yang biasanay akan berada di tengah daun dan akan berukuran besar di bandingkan dengan tulang seunder.
  • Memiliki tulang sekunder yang biasanya bergantung dengan tulang utama dengan fungsinya sebagai te,pat melekatnya daun.

5. Memiliki Akar & Batang Yang Besar

Tumbuhan ini biasanya akan memiliki batang dan akar yang lebih besar dari pada tumbuhan lainnya. untuk penyaluran zat biasnaya di gunakan pengangkut xilem dan floem.  Hal ini akan membuat batang dan akar yang besar karena makanan dapat di sebarkan dengan baik.

6. Memiliki Kambium Pada Batang

Bagian ini meupakan sebuah lapisan darin jaringan yang aktif yang ada pada pembuluh  xilem dan floem. Adapun bagian ini memiliki 2 bagian di antaranya kabium veskuler dan gabus.

  • Pada pertumbuhan kambium ke arah bagian luar membentuk jaringan kulit.

7. Memiliki Dua, Empat, Atau Lima Kelipatan Bunga

Tumbuhan ini memiliki 2 hingga lima lipatan pada bungannya. Yang mana pada setiap kelopak terdapat dua hingga lima helai

Nah sahabat tekape.id, sudah terjawab pertanyaan Sebutkan Ciri Ciri Tumbuhan Dikotil, semoga bermanfaat.

Rekomendasi