in

Sebutkan Sifat-sifat Enzim

Sebutkan Sifat-sifat Enzim
Sebutkan Sifat-sifat Enzim

Sahabat TEKAPE.ID kamu lagi mencari jawaban tentang Sebutkan Sifat-sifat Enzim . Tepat sekali, disini kamu akan menemukan jawabannya dan juga akan di bahas tuntas

 

Sebutkan Sifat-sifat Enzim

Sifat Enzim

Enzim memiliki peran yang sangat penting, atas berlangsungnya kehidupan suatu Organisme. Oleh karena itu kita harus mengetahui Sifat-sifat Enzim, yaitu sebagai berikut ini :

1. Biokalisator

Sifat Biokalisator adalah Senyawa Katalis yang berfungsi untuk mempercepat Reaksi Kimia, tanpa harus bereaksi. Karena Enzim merupakan bagian dari Organisme, maka disebut sebagai Senyawa Biokatalisator.

2. Termolabil

Pada sebagian Struktur-struktur yang terdapat didalam Enzim, yaitu berupa Senyawa Protein. Oleh karena itu Enzim memiliki sifat Termolabil yang sangat dipengaruhi oleh Suhu.

Enzim mempunyai Suhu Optimum, yaitu sekitar 37ºC, agar mampu berfungsi dengan baik, sebaliknya pada Suhu Ekstrim, yaitu sekitar dibawah 10ºC, dapat merusak fungsi pada Enzim, dan pada Suhu diatas 60ºC, Enzim akan mengalami kehilangan Struktur Tersier dan Struktur Sekunder (Denaturasi).

3. Spesifik

Sifat Spesifik yang terdapat pada Enzim, berfungsi untuk mengikat Substrat, dengan Titik Pengikat yang sama. Sifat pada jenis ini juga sering digunakan, untuk dasar pemberian sebuah nama pada Enzim, yang diambil dari jenis Substrat atau berlangsungnya jenis Reaksi.

4. Derajat Persamaan

Derajat Persamaan (pH) berfungsi untuk mempengaruhi kerja pada Enzim. Secara umum, Enzim dapat berkerja pada suasana yang netral, yaitu sekitar (6,5 – 7). Tetapi ada beberapa Enzim Optimum pada pH Asam, yaitu seperti Pepsinogen, atau pada pH Basa, yaitu seperti Tripsin.

5. Bekerja Kebalikan

Enzim bekerja secara kebalikan, yaitu dari Enzim A berubah bentuk menjadi Enzim B, dan pada Enzim B berubah menjadi Enzim A.

6. Arah Tidak Menentu

Perubahan yang terjadi pada Senyawa A menjadi Senyawa B, atau pada Senyawa B menjadi Senyawa A, disebabkan bukan karena Enzim yang menentukan arah Reaksi akan melaju. Karena pada Senyawa yang lebih dibutuhkan merupakan poin penting dalam menentukan arah dari Reaksi Kimia akan melaju.

Rekomendasi