in

Sebutkan Unsur-Unsur Dalam Teater

Sebutkan Unsur-Unsur Dalam Teater
Sebutkan Unsur-Unsur Dalam Teater

Sahabat TEKAPE.ID kamu lagi mencari jawaban tentang ” Sebutkan Unsur-Unsur Dalam Teater “. Tepat sekali, disini kamu akan menemukan jawabannya dan juga akan di bahas tuntas.

 

Sebutkan Unsur-Unsur Dalam Teater

Unsur-Unsur Dalam Teater

Dalam melakukan sebuah pertunjukan Teater terdapat 2 unsur, yaitu Unsur Internal dan Unsur Eksternal yang terkait didalamnya. Agar pertunjukan yang akan ditampilkan dapat berjalan dengan baik, yaitu sebagai berikut ini :

1. Unsur Internal

Unsur Internal merupakan Sebuah unsur-unsur yang menyangkut, tentang Bagaimana berlangsungnya pementasan dalam suatu Teater yang akan dipentaskan. Tanpa adanya Unsur Internal ini, maka tidak akan ada sebuah Teater yan akan dipentaskan. Oleh sebab itu, Unsur Internal dapat dikatakan sebagai jantung dari sebuah pementasan Teater, yaitu sebagai berikut ini :

A. Skenario (Naskah)

Skenario atau Naskah merupakan Tujuan yang diambil dari Kisah-kisah tertentu, yaitu meliputi Latar Belakang Cerita, Penamaan Peran Tokoh dan Dialog yang nantinya akan dipentaskan.

Naskah ini menjadi salah satu penunjang yang akan menyatukan, berbagai macam aspek dalam pementasan Teater, yaitu Pentas, Pemeran, Kostum dan Sutradara.

B. Pemeran

Pemeran merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam sebuah pertunjukan Teater, yang akan berperan dalam menghasilkan beberapa unsur-unsur lainnya, yaitu seperti unsur Suara dan Gerak.

Ada 2 macam jenis Pemeran, yaitu Peran Utama bersifat (Protagonis atau Antagonis)Peran Pembantu dan Peran Tambahan atau Figuran. Biasanya dalam sebuah acara Televisi, Pemeran wanita biasanya disebut Aktris, dan untuk laki-laki disebut dengan aktor.

C. Sutradara

Sutradara adalah Seseorang yang akan memimpin serta mengatur, teknik pembuatan atau pementasan dalam sebuah Teater. Sutradara ini menjadi otak, dari jalan cerita yang akan dipertunjukan didalam Teater. Contoh : Mengarahkan para Aktor, membedah Sekanario atau Naskah, menciptakan ide-ide yang unik tentang Teater yang akan dibuat nanti, dan lain-lainnya.

D. Pentas

Pentas merupakan salah satu unsur yang akan memberikan Nilai Estetika dalam sebuah Teater. Pentas akan menjadi penunjang bagi sebuah pertunjukkan yang akan berlangsung, yang didalamnya berupa : Properti, Tata Lampu, Background, Dekorasi, dan lain-lainnya, yang berkenaan pada saat Teater sedang berlangsung.

E. Properti

Properti adalah Sebuah perlengkapan bantu yang akan diperlukan dalam pementasan Teater, yaitu berupa Meja, Kursi, Background, Hiasan Ruangan, Dekorasi, dan lain-lainnya.

F. Penataan

Penataan merupakan sekelompok regu yang terkait, didalam pementasan sebuah Teater, antara lain :

1. Tata Rias

Kelompok regu yang akan mendandani para Pemeran, dalam memerankan para Tokoh pada sebuah Teater. Agar lebih sesuai atau mirip dengan Tokoh Karakter yang akan diperankan.

2. Tata Busana

Kelompok regu yang akan mengaturan pakaian para Pemeran, agar lebih mendukung suatu keadaan yang akan terjadi didalam Teater. Contoh : Pakaian yang akan dikenakan untuk anak sekolah, tentu akan berbeda dengan pakaian yang dikenakan oleh pembantu rumah tangga.

3. Tata Lampu

Kelompok regu yang mengatur pencahayaan pada panggung, sesuai dengan kondisi ketika Teater sedang berlangsung.

4. Tata Suara

Kelompok regu yang mengatur pengeras suara pada panggung, sesuai dengan kondisi yang terjadi, ketika Teater sedang berlangsung.

2. Unsur Eksternal

Unsur Eksternal merupakan Sebuah unsur-unsur yang mengatur segala sesuatu, berkaitan dengan hal-hal yang akan dibutuhkan dalam sebuah pertunjukan, yaitu diantarnya adalah :

A. Staf Produksi

Staf Produksi adalah Sekelompok regu atau Individual yang bertugas sebagai pimpinan produksi, yang meliputi semua bagian-bagian yang berada dibawahnya. Adapun tugas dari Kelompok Regu, yaitu sebagai berikut :

  • Pimpinan Produksi (Produser)
  • Mengurus semua hal yang berkaitan dengan Produksi
  • Menetapkan Seorang petugas (personal), Anggaran biaya, Fasilitas, Program kerja dan lain-lainnya

B. Sutradara (Direktor)

  • Seorang yang akan membawa atau pengarah jalannya sebuah Naskah
  • Mengkoordinator semua kegiatan yang menyangkut dalam Teater
  • Mencari dan Menunjuk para Pemeran
  • Menyiapkan segala macam Make up dan Mensetting segala sesuatu yang dibutuhkan bagian dari Desainer beserta Kru

C. Stage Manager

  • Pemimpin yang bertanggung jawab atas panggung
  • Membantu tugas-tugas dari Sutradara

D. Desainer

Sekelompok regu yang menyiapkan, segala Aspek Visual yang berupa Penyettingan Tempat atau Suasana, Properti atau Perlengkapan, Kostum atau Busana, Tata Pencahayaan, dan perlengkapan-perlengkapan lainnya.

E. Crew

Crew merupakan Sekelompok regu yang bertugas pada Divisi Desainer, yaitu diantaranya adalah :

  • Bagian dalam menata atau mendekorasi tempat
  • Bagian dalam menata pencahayaan (Lighting)
  • Bagian dalam mempersiapkan perlengkapan
  • Bagian dalam menata musik yang akan dimainkan

sumber: rumus.co.id

Rekomendasi