secara metodologis bagaimana kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan

secara metodologis bagaimana kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan?

Jawaban:

Cara mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan​ adalah dengan mempelajari fosil dan artefak yang ditinggalkan manusia praaksara.

Hal ini karena manusia praaksara belum mengenal sistem tulis menulis dan tidak menginggalkan peninggalan berupa tulisan.

Pembahasan:

Zaman praaksara atau prasejarah adalah bagian terawal dalam sejarah manusia. Masa ini diawali dengan munculnya manusia, yang ditandai dengan peninggalan-peninggalan seperti fosil dan peralatan batu.

Zaman ini berlangsung sangat lama dan berakhir ketika manusia menciptakan sistem tulis menulis. Waktu berakhirnya masa ini berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah lain. Ini karena setiap peradaban memiliki waktu yang berbeda dalam penciptaan atau adopsi sistem tulis menulis.

Masa ini lebih sulit dipelajari dari masa sejarah setelah penemuan tulis menulis, karena pada masa ini belum ada sistem aksara tersebut sehingga tidak ada peninggalan tulisan seperti prasasti atau kitab kuno. Ini membuat penyelidikan tentang masa ini lebih sulit.

Karena itu para sejarawan mempelajari masa praaksara dengan menggunakan peninggalan lain berupa artefak (obyek buatan manusia berupa peralatan batu, peningalan bangunan, dan alat tulang belulang) dan fosil.

Contohnya adalah fosil dan artefak manusia purba yang ditemukan di Sangiran, Trinil dan Mojokerto, yang memberikan informasi tentang manusia purba di masanya.

mesir mengakhiri zaman pra aksara sekitar tahun 3000 SM, tetapi di Indonesia baru abad ke-5 M, mengapa demikian ??

Jawaban:

Indonesia mengakhiri zaman praaksara Indonesia mengakhiri zaman praaaksara lebih lambat dibandingkan bangsa Mesir sesuai Prasasti peninggalan Kerajaan Kutai karena peradaban bangsa Mesir yang jauh lebih maju daripada Indonesia dan struktur geografis Mesir memusat di satu daratan saja, dibandingkan Indonesia yang terdiri dari banyak kepulauan yang menyebabkan sulitnya perkembangan peradaban di Indonesia.

Tinggalkan komentar