Siapa Penemu Cabang Sepakbola?

Siapa Penemu Cabang Sepakbola?

INGGRIS sering mengklaim sebagai negara penemu sepakbola. Benarkah klaim tersebut? Sebab, ada saling silang pendapat mengenai siapa penemu sepakbola yang sesungguhnya. Tetangga Inggris, Skotlandia, juga mengklaim menemukan permainan tersebut.

Dilansir dari Mirror, Jumat (12/6/2020), sepakbola sesungguhnya sudah dimainkan sejak 2.500 tahun Sebelum Masehi (SM). Permainan yang melibatkan bola dan kaki sudah dimainkan oleh berbagai suku bangsa, yaitu Yunani, Mesir Kuno, China, dan Romawi.

Dari sekian banyak bangsa, permainan yang paling mendekati sepakbola modern dimainkan oleh China Permainan tersebut diberi nama Tsu-Chu yang berarti menendang bola. Menurut catatan, permainan itu pertama kali dilangsungkan pada Dinasti Han sekira 206 SM sampai 220 Masehi.

Ilustrasi permainan sepakbola pada abad 14 (Foto: Mirror)

Bangsa China kuno biasa menggunakan sebuah bola yang terbuat dari kulit hewan. Bola tersebut harus ditendang dan dimasukkan ke jaring gawang yang diikat ke dua batang tiang bambu. Pada masa ini, seluruh bagian tubuh, termasuk tangan, masih diizinkan untuk digunakan dalam permainan.

Namun, ada satu perbedaan krusial dibandingkan sepakbola modern. Dalam Tsu-Chu, gawang digantung setinggi 30 kaki atau nyaris 1 meter (m) dari permukaan tanah. Selain bangsa China Kuno, permainan itu juga dimainkan oleh suku asli Amerika dan Australia.

Tentu saja, permainan itu cepat menyebar ke berbagai penjuru dunia. Sekira abad kesembilan, orang-orang di Inggris mulai memainkan bola yang terbuat dari gumpalan kandung kemih babi. Sayangnya, otoritas menganggap permainan itu terlalu bising sehingga dilarang dimainkan pada 1314.

Hingga abad ke-19, sepakbola di Inggris terus berkembang pesat. Pada titik ini, sepakbola masih berlangsung dalam nuansa penuh kekerasan. Memasuki abad 19, klub-klub sepakbola mulai bermunculan di Inggris. Namun, sepakbola masih penuh dengan aksi kekerasan.

Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) akhirnya didirikan pada 26 Oktober 1863. Berdirinya FA menandai tonggak penting dalam sejarah sepakbola dengan serangkaian aturan. Dengan semakin banyaknya klub yang bergabung, FA membentuk Liga Inggris pada 1888 di bawah prakarsa Direktur Aston Villa, William McGregor.

Setelah itu, sepakbola kian menjamur di beberapa negara, seperti Belanda dan Denmark pada 1889, Argentina pada 1893, dan Italia pada 1898. Wabah sepakbola itu dibawa sendiri oleh imigran asal Inggris. Meningkatnya minat terhadap sepakbola membuat Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) dibentuk di Paris pada 1904.

Dari secarik sejarah di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa sepakbola ditemukan oleh bangsa China. Namun, Inggris tetap punya jasa besar dengan melahirkan kompetisi sepakbola profesional hingga permainan 11 lawan 11 itu dikenal seperti sekarang.

(Ram / okezone.com)

Tinggalkan komentar