Siapa Penemu Hukum Kekekalan Massa

Siapa Penemu Hukum Kekekalan Massa

Antoine Laurent Lavoisier.

Anton adalah orang yang tumbuh dari keluarga sejahtera. Lahir pada 26 Agustus 1743, ia harus berpisah dari Mary Portas, Ibunya, karena meninggal saat ia berusa 5 tahun. Ayahnya sendiri merupakan seorang pengacara di parlemen Paris, Prancis.

Sejak kecil, Anton sudah mempunyai ketertarikan yang tinggi terhadap sains. Tetapi, sama seperti orang-orang lain yang “tersesat”, dia memilih untuk mengenyam pendidikan hukum di usia 18 tahun.

Alasannya, apalagi kalau bukan Ayahnya.

Ia ingin mengejar karir yang dimiliki sang Ayah.

Ia ingin bisa “setara” dengan ayahnya yang sukses dan menjadi pengacara terkenal. Di sisi lain, kecintaannya akan dunia sains membuatnya terus belajar. Kegigihannya membuahkan hasil. Pada tahun 1789, Anton menggemparkan dunia kimia.

Ya, dunia kimia. Bukan dunia hukum seperti yang ia geluti secara formal. Apalagi dunia gaib.

Di tahun-tahun itu, ilmu kimia masih tergolong ke masa “Kimia Klasik”. Di masa itu, teori-teori kimia yang berkembang masih mempersoalkan “air yang akan menjadi residu jika dipanaskan terus-menerus.” Saat itu, para ilmuwan berpikir bahwa dengan memanaskan air, lama kelamaan air akan berubah menjadi tanah.

Dan di saat itu juga, Anton memaparkan hasil risetnya di Traité Élémentaire de Chimie. Dia mencoba mereaksikan cairan merkuri dengan gas oksigen di wadah dalam ruang tertutup sehingga menghasilkan merkuri oksida yang berwarna merah.

Tinggalkan komentar