in

Soal Dan Jawaban TVRI SD Kelas 4-6 Hari ini 17 Juli 2020 Materi: Operasi Bilangan Bulat

Jawaban Soal TVRI SD Hari Ini

Tekape.id – Jawaban Soal TVRI SD Kelas 4-6 Hari ini 17 Juli 2020 dengan Materi: Operasi Bilangan Bulat

Untuk kamu siswa dan siswi SD kelas 4 5 6 pada pagi hari ini akan belajar Matematika dengan materi yang berjudul Operasi Bilangan Bulat

Mengembangkan pemahaman tentang operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) serta strategi dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat positif

Berikut ini Soal dan Jawaban TVRI SD Kelas 4-6:

1. Seekor katak melompat ke depan sebanyak 3 lompatan. Kemudian katak berbalik arah sejauh 9 lompatan. Dimanakah posisi katak sekarang?

Informasi :

  • Melompat ke depan : 3 lompatan
  • Melompat balik arah : 9 lompatan

Ditanya :

  • Dimanakah posisi katak sekarang?

Jawab :

  • Posisi katak sekarang adalah 3 – 9 = -6

Jadi, posisi katak sekarang adalah -6

2. Joni memiliki 6 buah mobil remote. Setiap mobil memerlukan 4 buah baterai. Jika harga sebuah baterai Rp 6.500,00, maka berapa uang yang harus dikeluarkan Joni untuk membeli baterai?

Informasi :

  • Jumlah mobil remote : 6 buah
  • Jumlah baterai per mobil : 4 baterai
  • Harga 1 baterai : Rp 6.500

Ditanya :

  • Berapa uang yang harus dikeluarkan Joni untuk membeli baterai?

Jawab :

  • Jumlah baterai untuk 6 mobil adalah 6 x 4 = 24 baterai
  • Harga seluruh baterai adalah 24 x 6500 = 156.000

Jadi jumlah uang untuk membeli baterai adalah Rp 156.000

3. Bagaimana cara kalian menyelesaikan soal berikut? 30 + (45 : 9) x (4 + 75)?

Berikut cara dan jawabannya :

  • 30 + (45 : 9) x (4 + 75)
  • = 30 + (5 x 79)
  • = 30 + 395
  • = 425

Jawaban Soal TVRI SD Kelas 4-6 Hari ini 3 Juni 2020

Simak kunci soal dan jawaban belajar TVRI kelas 4-6 SD hari Rabu 3 Juni 2020, materi Museum Nasional.

Berikut soal dan jawaban belajar TVRI kelas 4-6 SD hari Rabu 3 Juni 202

SD Kelas 4-6

Materi Museum Nasional

Kompetensi Literasi yang ingin dicapai adalah menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur

Soal

1. Ceritakan kembali sejarah berdirinya Museum Nasional menggunakan bahasamu sendiri!

2. Di Museum Nasional terdapat patung arca Ganesha. Coba jelaskan makna dari bentuk arca Ganesha tersebut!

3. Sebagai siswa yang hidup di zaman milenial, bagaimana pendapatmu tentang sejarah manusia dari zaman purba seperti dijelaskan dalam tayangan tadi?

Jawaban

1. Untuk menceritakan sejarah berdirinya Museum Nasional kamu dapat menggunakan bahasamu sendiri!

Museum Nasional Indonesia biasa dikenal dengan nama Gedung Arca, hal ini karena didalam Museum Nasional Indonesia tersimpan banyak jenis dan bentuk Arca.

Didepan Museum Nasional Indonesia terdapat patung Gajah perunggu yang merupakan hadiah dari Raja Chulalongkorn Roma V dari Thailand.

Karena patung Gajah Perunggu inilah, masyarakat Jakarta lebih mengenal Museum Nasional Indonesia dengan nama Gedung Gajah atau Museum Gajah

2. Makna dari bentuk archa Ganesha adalah Dewa berkepala Gajah yang merupakan salah satu dewa paling populer di agama Hindu yang memiliki ciri belalai yang sedang mengisap isi mangkuk yang sedang digenggamnya. Ganesha ini juga dikenal sebagai Dewa Ilmu Pengetahuan.

3.. Bagaimana pendapatmu tentang sejarah manusia dari zaman purba seperti dijelaskan dalam tayangan TVRI:

Sejarah manusia purba yang tersimpan di Museum Nasional Indonesia harus tetap dilestarikan karena dari mereka kita belajar tentang masa lalu dan kehidupan yang dijalaninya. Bagaimana cara mereka bertahan hidup dan mengembangkan kemampuan untuk bisa bercocok tanam dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

SD Kelas 1-3

Materi Petualangan Oki dan Nirmala: Pesta Balon

Kompetensi Literasi yang ingin dicapai diantaranya Menyampaikan gagasan secara lisan dan menuliskan beberapa kalimat dan menyuntingnya

Soal

1. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Oki dan Felip ketika diminta membantu Nirmala?

2. Tuliskan 3 kata yang menggambarkan sifat Pipiyot! Lalu, buatlah 3 kalimat dengan menggunakan kata sifat tersebut!

3. Apa pesan penting yang harus diingat dari cerita Pesta Balon?

Jawaban

1. Sikap Oki dan Felip ketika diminta membantu Nirmala tidak patut untuk dicontoh, karena mereka berdua ogah-ogahan dalam membantu Nirmala.

Oki dan Felip juga lebih mementingkan bermain catur daripada membantu membersihkan halaman istana seperti yang diminta oleh Nirmala.

Selain itu, ketika ikut membersihkan halaman istana pun, Oki dan Felip terlihat tidak serius, ceroboh, dan banyak bercanda serta bermain saja.

Padahal membantu teman ataupun orang lain yang sedang membutuhkan bantuan adalah tindakan yang baik dan terpuji. Dan saat kita memberi bantuan juga harus ikhlas dan tulus tanpa mengharapkan pujian ataupun mendapatkan imbalan.

2. Tiga sifat Pipiyot :

– Jahat

Contoh kalimat: Pipiyot selalu mempunyai pikiran jahat untuk mencelakai orang lain

– Serakah

Contoh kalimat : Pipiyot adalah seorang penyihir yang serakah dan ingin menang sendiri

– Licik

Contoh kalimat : Sifat Pipiyot yang licik membuat dirinya tidak disukai oleh banyak orang

3. Pesan penting yang bisa diambil dari cerita Pesta Balon tersebut adalah kita harus saling membantu dan bekerja sama dalam setiap kegiatan bersama. Mau membantu orang lain ataupun teman yang sedang membutuhkan bantuan dengan senang hati. Jangan merencanakan sesuatu hal yang jahat untuk merugikan orang lain karena semua perbuatan jahat yang kita lakukan suatu saat akan berbalik kepada diri kita sendiri

Disclaimer:

– Artikel ini hanya digunakan oleh orangtua untuk memandu proses belajar anak.

– Soal ini berupa pertanyaan terbuka. Artinya, jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Sumber: style.tribunnews.com

Inilah jawaban soal Belajar dari Rumah di TVRI untuk siswa SD kelas 4-6, Selasa (2/6/2020).

Siswa SD kelas 4-6 akan belajar materi X-Sains tentang Siklus Air.

Soal Dan Jawaban TVRI Kelas 4-6 Hari ini 2 Juni 2020

Ada tiga soal yang diberikan dalam materi X-Sains: Siklus Air untuk siswa kelas 4-6 SD.

Inilah tiga soal dan jawaban materi Belajar dari Rumah untuk siswa SD kelas 4-6, Selasa (2/6/2020):

1. Jelaskan manfaat siklus air bagi kehidupan di Bumi!

Jawaban:

Inilah manfaat siklus air bagi kehidupan di Bumi:

– Untuk mencukupi kebutuhan minum/makan

– Untuk kebutuhan mencuci dan mandi

– Mengairi sawah

– Menyuburkan tanaman

– Air di bumi tidak akan pernah habis

– Dapat memurnikan kembali air yang ada di bumi, sehingga air tanah terisi ulang dalam keadaan bersih

– Dapat membantu pembentukan kembali fitur geologi bumi melalui proses erosi serta sedimentas.

2. Apa saja kegiatan manusia yang berdampak positif dan yang negatif terhadap kelestarian air?

Jawaban:

Kegiatan manusia yang berdampak positif terhadap kelestarian air di antaranya:

– Reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul

– Menggunakan air secukupnya

– Menjaga lingkungan

– Membuang sampah pada tempatnya

– Mengurangi penggunaan bahan kimia

– Membuang bahan kimia dengan benar

– Mendaur ulang bahan bekas

Sementara kegiatan manusia yang berdampak negatif terhadap kelestarian air di antaranya:

– Menebang hutan secara liar

– Pengaspalan dan betonisasi jalan

– Pembakaran hutan

– Pencemaran air laut (tumpahan minyak)

– Pembangunan perumahan atau gedung di lahan pertanian

– Membuang sampah sembarangan

– Memakai zat kimia secara berlebihan

3. Pada eksperimen pembuatan miniatur siklus air, apa yang terjadi ketika es batu diletakkan di atas plastik wadah berisi air?

Jawaban:

Terjadi proses penguapan, baik evaporasi, transpirasi, maupun sublimasi.

Kemudian menjadi butiran-butiran air di penutup plastik yang disebut kondensasi.

Butiran air tersebut berkumpul di satu tempat dan jatuh sebagai butiran-butiran air yang kita kenal sebagai hujan, prosesnya dinamakan presipitasi.

Butiran itu jatuh tepat di bawah pemberat mangkok kecil yang menunjukkan terjadinya proses limpasan.

Proses ini akan menjadi air di permukaan.

Atau jawaban lainnya:

Es batu lama-kelamaan akan mencair sehingga muncul titik-titik air di plastik.

Disclaimer: Kunci jawaban ini hanya sekadar pegangan untuk orangtua mengoreksi jawaban anak.

Berikut jadwal dan materi Belajar dari Rumah TVRI, Selasa 2 Juni 2020, dilansir siaran pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)

1. Pukul 08.00 – 08.30 WIB

Materi PAUD & Sederajat

Jalan Sesama: Pakaian

2. Pukul 08.30 – 09.00 WIB

Materi SD Kelas 1- 3 dan Sederajat

Khan Academy: Operasi Pengurangan

3. Pukul 09.00 – 09.30 WIB

Materi SD Kelas 4 – 6 dan Sederajat

X-Sains: Siklus Air

4. Pukul 09.30 – 10.00 WIB

Mantul – Matematika Manfaat Betul: Layang-Layang dan Trapesium

5. Pukul 10.00 – 10.30 WIB

Materi SMA & Sederajat

Matematika: Persamaan Eksponensial (Bentuk 1, 2, dan 3)

6. Pukul 10.30 – 11.00 WIB

Keluarga Indonesia: Parenting

Orang Tua dan Dunia Kerja

Jadwal ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud.

Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

Sumber: tribunnews.com

Rekomendasi