in

Struktur Teks Persuasi yang Benar Adalah? Lihat disini

Struktur Teks Persuasi yang Benar Adalah
Struktur Teks Persuasi yang Benar Adalah

Struktur Teks Persuasi yang Benar Adalah? silahkan kamu cek di bawah ini sobat tekape.

Pernahkah detikers tergiur untuk membeli sesuatu dari bujukan orang lain atau membujuk orang lain untuk membeli sesuatu? Jika pernah maka kegiatan tersebut merupakan contoh penerapan dari teks persuasi.

Persuasi adalah komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau mempengaruhi orang lain yang bertujuan agar orang yang dipengaruhi bertindak sesuai yang diharapkan. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, teks persuasi dipelajari.

Penjelasan mengenai struktur teks persuasi yang benar beserta ciri dan contohnya adalah sebagai berikut dikutip dari buku Materi Umum Bahasa Indonesia SMP yang ditulis oleh Hari Wibowo, S.S, M.pd. dan Iin Hendriyani, S.pd.

Pengertian Teks Persuasi

Teks Persuasi adalah teks yang berisi ajakan atau bersifat membujuk. Pernyataan-pernyataan dalam teks tersebut mendorong seseorang untuk mengikuti harapan atau ajakan si penulis. Pernyataan-pernyataan dalam teks tersebut juga bersifat mempromosikan sesuatu.

Teks persuasi memiliki fungsi untuk menyampaikan himbauan, saran, dan ajakan untuk melakukan sesuatu. Teks persuasi dapat berbentuk seperti surat, kampanye, dan bisa juga berupa artikel.

Struktur Teks Persuasi

Struktur teks persuasi yang benar adalah:

1. Pengenalan isu, yaitu berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah. Pengenalan isu menjadi dasar tulisan atau pembicaraan itu sendiri.

2. Rangkaian argumen, yaitu sejumlah opini yang dituangkan oleh penulis terkait dengan isu yang dipaparkan pada bagian sebelumnya. Pada bagian ini juga dikemukakan sejumlah fakta untuk memperkuat pendapat yang ditulis.

3. Pernyataan ajakan, merupakan inti dari teks persuasi berisi dorongan agar pembaca/pendengar melakukan sesuatu. Pernyataan tersebut dapat disampaikan secara tersirat maupun tersurat.

Ciri Teks Persuasi

Yang merupakan ciri teks persuasi adalah
1. Berupa ajakan atau dorongan untuk melakukan sesuatu yang dibahas di dalam teks.
2. Memiliki argumentasi, agar pembaca dapat mempertimbangkan untuk melakukan sesuatu.
3. Berisi fakta yang bertujuan untuk membuktikan sebuah kebenaran dari ajakan yang ditulis.
4. Sasaran proses berpikir teks berorientasi kepada pembacanya, bukan kepada penulisnya sendiri seperti dalam teks argumentasi.
5. Ide pokok biasanya menghindari konflik dan berusaha senetral mungkin agar kepercayaan pembaca tidak hilang karena teks atau menjurus pada hal yang spesifik.

Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi

Kaidah kebahasaan yang menandai teks persuasi adalah sebagai berikut:
1. Menggunakan kata-kata teknis atau istilah sesuai topik yang dibahas.
2. Menggunakan kata-kata penghubung yang argumentatif seperti jika, maka, sebab, karena dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu, dan sebagainya.
3. Menggunakan kata kerja mental seperti yang diharapkan, memprihatinkan, memperkirakan, mengagumkan, menduga, berpendapat, berasumsi, menyimpulkan, dan sebagainya.
4. Menggunakan kata-kata yang merujuk, yaitu berdasarkan data, merujuk pada, pendapat, dan sebagainya.

Contoh Teks Persuasi

Berikut adalah contoh teks persuasi tentang hidup sehat:

Masyarakat perkotaan saat ini semakin disibukkan dengan rutinitas harian mereka. Sayangnya, kini rutinitas harian para pekerja kantoran lebih banyak dilakukan dengan gadget sambil duduk seharian. Pekerjaan saat ini memang lebih banyak menggunakan kekuatan otak daripada fisik. Tubuh dituntut untuk duduk di belakang meja sambil menatap layar komputer selama 8 jam per harinya.

Kebiasaan masyarakat modern inilah yang menyebabkan berkurangnya aktivitas fisik. Tubuh menjadi kurang bergerak. Akibatnya pembakaran kalori dan pembuangan zat-zat beracun dalam tubuh jadi ikut terhambat. Tak heran jika kini banyak orang yang mengalami obesitas karena kalori yang masuk dalam tubuh tak bisa dikeluarkan lewat aktivitas fisik.

Berbagai masalah kesehatan pun bisa ikut muncul pada orang-orang yang kurang aktivitas fisik. Biasanya masalah muncul pada sendi-sendi tulang yang jadi kaku. Penumpukan kalori dalam tubuh juga bisa memicu penyakit seperti tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, hingga jantung koroner.

Karena itulah, mari kita terapkan lagi pola hidup sehat. Mari mulai menanamkan kecintaan pada olahraga. Sebisa mungkin, ayo atur waktu untuk berolahraga minimal 1 kali dalam seminggu. Kita juga bisa berolahraga sambil bekerja, misalnya dengan bersepeda saat menuju ke kantor. Karena dengan rutin olahraga, maka kita bisa menjaga kesehatan tubuh dan juga pikiran.

Penjelasan mengenai ciri, kaidah pembahasan, dan contoh struktur teks persuasi yang benar adalah seperti yang dijabarkan di atas. Bagaimana detikers apakah mudah dipahami?

Demikian pembahasan mengenai Struktur Teks Persuasi yang Benar

Sumber: detik.com

Rekomendasi

Kode Redeem PUBG 17 Mei 2021 terbaru

Update Kode Redeem PUBG 17 Mei 2021 Terbaru, Segera Cek Disini Bro!!!

Berikut yang tidak dapat dijadikan ulasan adalah

Berikut yang tidak dapat dijadikan ulasan adalah? Lihat Jawaban disini!