Tak Ada AHY Dalam Jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, Mengapa?

Tekape.id – Presiden RI Joko Widodo dan wakilnya, K.H Ma’ruf Amin baru saja memperkenalkan nama-nama menteri Kabinet Indonesia Maju pada hari Rabu lalu (23/10/2019). Di depan Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Presiden duduk bersama wakilnya dan sejumlah tokoh yang siap bekerja untuk kepentingan negara.

Komposisi kabinet jilid II memang agak mengejutkan. Tak seperti prediksi netizen, sosok Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY yang digadang – gadang bakal memperkuat kabinet di bawah kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf malah tidak disebutkan dalam acara pelantikan tersebut.

Padahal, nama putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono tersebut sempat santer diperbincangkan akan mengisi pos Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga). Namun, pada acara pelantikan yang berlangsung hari Rabu lalu, jabatan Menpora justru diisi oleh Zainuddin Ali (Zainudin Amali).

Mengapa AHY Tak Dipilih ?

Sebagian orang mempertanyakan perihal AHY yang gagal masuk ke dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf. Padahal, Jokowi sempat bertemu dan berdiskusi empat mata dengan SBY di Istana Merdeka beberapa waktu lalu, tepatnya Kamis (10/10/2019). Hal itu kemudian disinyalir sebagai salah satu tanda akan masuknya AHY ke dalam kabinet Jokowi.

Dalam bocoran yang beredar sebelumnya juga telah disebutkan bahwa pembentukan kabinet Jokowi akan melibatkan nama AHY di dalamnya. Bahkan, hal tersebut diperkuat kembali lewat komentar Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan yang menyatakan bahwa Demokrat tidak ragu untuk menyodorkan nama AHY dalam pengajuan nama calon menteri bila hal tersebut memang diperlukan.

“Jadi, saya membayangkan tadi dia (Presiden Joko Widodo) sudah punya nama (menteri). Mungkin kalau dia butuh anak – anak muda yang kalau soal kecepatan, ya saya tidak ragu untuk menyebut nama mas AHY sebagai tokoh muda yang tampil itu,” ungkap Hinca usai menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung DPR/MPR RI pada hari Minggu lalu (20/10/2019).

Sehubungan dengan tidak munculnya nama AHY dalam jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menyampaikan pendapatnya. Ia menilai bahwa SBY sudah berupaya untuk menjalin komunikasi dengan Jokowi lewat pertemuan pada hari Kamis lalu. Namun, peluang Partai Demokrat tetap kecil. Sebab, ada ganjalan restu dari PDIP yang masih belum dikantongi oleh Partai Demokrat.

“Hubungan SBY (Ketua Partai Demokrat) dan Megawati (Ketua PDIP) tidak pernah harmonis. Kedua tokoh ini sulit untuk disatukan, sehingga ini mungkin menjadi ganjalan bagi Demokrat untuk mendapat jatah menteri di Kabinet Jokowi-Ma’ruf,” ungkap Adi dilansir  dari Tribun Jabar.

Sementara, AHY sendiri belum memberikan tanggapan apapun soal daftar menteri yang sudah ditetapkan tersebut. Namun, merujuk pada komentar yang dituturkan oleh Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) selaku Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR, partainya hanya bisa mengapresiasi dan menonton proses pemilihan menteri serta berharap bahwa nama yang terpilih mampu membawa perubahan yang baik bagi nasib Indonesia ke depannya.

“Tentu Partai Demokrat tidak dapat menilai lebih lanjut. Kami hanya memberi apresiasi. Kami hanya menonton dan melihat. Semoga orang-orang yang dipilih adalah orang-orang yang kompeten, yang sesuai (dengan) visi misi Pak Presiden dan tentu bisa membawa kemajuan terhadap pembangunan dan peningkatan kesejahteraan,” kata Ibas dilansir dari Tribunnewswiki.com.

Apa pendapatmu?
You might also like
close