in

Tuliskan ciri-ciri makhluk hidup yang kamu telah pelajari

Tekape.id – Tuliskan ciri-ciri makhluk hidup yang kamu telah pelajari. Sebelum mengetahui jawabannya admin terlebih dahulu ucapkan selamat pagi dan selamat hari jum’at untuk kamu semuanya

Semoga dipagi hari yang cerah ini kamu semua siswa dan siswi SD kelas 1-3 tetap semangat belajar dari rumah bersama program TVRI

Untuk hari ini kamu akan belajar dengan tema Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia. Ada total 3 soal yang harus kamu jawab sebagai latihan untuk hari ini.

ciri-ciri makhluk hidup

Setelah penayangan video pertama ada 1 soal, lihat videonya berikut ini:

Pertanyaan setelah video 1 adalah:

Tuliskan ciri-ciri makhluk hidup yang kamu telah pelajari

ciri-ciri makhluk hidup adalah:

  • – Bergerak
  • – Bernapas
  • – Membutuhkan makanan dan minuman
  • – Mengalami pertumbuhan
  • – Berkembang biak (bereproduksi)

Berikut ciri-ciri ikan sebagai makhluk hidup:

  • Bernapas menggunakan insang
  • Bergerak menggunakan sirip dan ekor
  • Tumbuh dan berkembang
  • Melakukan regulasi
  • Tubuh melakukan metabolisme
  • Berkembangbiak
  • Melakukan ekskresi
  • Memiliki kemampuan adaptasi
  • Membutuhkan makan/nutrisi

Pembahasan
Setiap makhluk yang melakukan ciri-ciri kehidupan seperti diatas merupakan makhluk hidup. Namun, apabila tidak melakukan ciri-ciri tersebut maka termasuk makhluk tak hidup.

Ikan merupakan makhluk hidup yang termasuk dalam klasifikasi Pisces.

Berikut ciri-ciri yang dimiliki pisces atau ikan:

  • Tubuh terdiri atas kepala, badan dan ekor
  • Tubuh tertutupi oleh kulit yang bersisik dan berlendir
  • Alat gerak berupa sirip untuk berenang
  • Bernapas menggunakan insang
  • Ikan termasuk makhluk berdarah dingin atau poikiloterm
  • Sistem peredaran darah tertutup tunggal
  • Alat ekskresi ikan berupa ginjal dengan tipe pronefron atau mesonefron
  • Fertilisasi/pembuahan dilakukan secara internal (di dalam tubuh) dan ada juga yang dilakukan secara eksternal (di luar tubuh)

Pertanyaan setelah video Kedua:

Untuk kelas 1:

Apa yang dapat kamu lakukan untuk bisa tumbuh dan kembang dengan baik?

Yang bisa kita lakukan untuk bisa tumbuh dan kembang dengan baik :

  • Makan makanan yang bergizi seimbang
  • Berolahraga secara teratur
  • Istirahat yang cukup

Untuk kelas 2 dan 3:

Jelaskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan

Pertumbuhan ialah merupakan proses pertambahan ukuran, volume dan massa yang dimana bersifat irreversible dan proses pertumbuhan tersebut dapat dinyatakan secara kuantitatif.

Pertumbuhan biasanya berhubungan dengan keadaan fsik, misalnya tumbuh besar.

Sementara itu, perkembangan ialah merupakan suatu proses untuk menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif.

Dalam hal ini, sebuah perkembangan pada makhluk hidup akan muncul secara alamiah.

Selain itu, akan mempunyai perubahan-perubahan yang dulu tidak ada menjadi ada yang menandakan bahwa makhluk tersebut sudah lebih dewasa.

Ciri-ciri Makhluk Hidup

1. Bergerak

Ciri ciri makhluk hidup yang pertama, adalah dapat bergerak. Manusia dan hewan dapat bergerak bebas atau berpindah tempat. Untuk bergerak, manusia dan hewan memerlukan sarana bantu untuk bergerak yang disebut alat gerak.

Alat gerak yang digunakan manusia dan hewan berupa kaki yang digunakan untuk berlari, sirip untuk berenang, dan sayap untuk terbang.

2. Makan

Makanan dan air merupakan kebutuhan bagi semua makhluk hidup. Makanan berfungsi untuk menghasilkan energi, pertumbuhan, dan mengganti sel tubuh yang rusak. Sedangkan, air berfungsi sebagai zat pelarut di dalam tubuh.

4. Bernapas

Bernapas atau respirasi merupakan proses mengambil oksigen dari lingkungan dan mengeluarkan gas karbon dioksida dari tubuh. Oksigen digunakan untuk mengubah zat makanan menjadi energi secara kimiawi. Energi yang dihasilkan digunakan untuk berbagai aktivitas tubuh.

5. Tumbuh

Ciri-ciri makhluk hidup lainnya adalah tumbuh. Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan, mulai dari kecil hingga menjadi besar. Bayi yang kecil waktu baru lahir, akan tumbuh menjadi remaja, dan kemudian dewasa.

Anak hewan yang semula kecil lambat laun tumbuh menjadi besar seperti induknya. Biji yang ditanam akan tumbuh menjadi kecambah dan kemudian menjadi tanaman yang lebih besar.

6. Mengeluarkan Zat Sisa

Saat melakukan aktivitas yang banyak memerlukan gerak tubuh, pasti tubuh Anda berkeringat. Demikian juga saat udara terasa panas, tubuh Anda berkeringat. Sebaliknya, saat udara dingin, Anda lebih sering buang air kecil mengeluarkan urine.

Keringat yang mengandung garam mineral dan urine itu merupakan contoh zat sisa yang dikeluarkan oleh makhluk hidup. Ada juga karbon dioksida dan uap air yang dikeluarkan sebagai zat sisa dari proses respirasi.

Pengeluaran zat sisa oleh makhluk hidup disebut dengan ekskresi. Ekskresi sangat diperlukan karena zat sisa bersifat racun, sehingga kalau tidak dikeluarkan akan mengganggu kinerja tubuh.

7. Berkembang Biak

Ciri ciri makhluk hidup ialah ia mampu berkembang biak. Semua yang masuk dalam kriteria makhluk hidup dapat berkembang biak. Tujuan dari berkembang biak adalah untuk melestarikan jenisnya.

Contohnya seperti, induk kucing yang melahirkan anak kucing. Dari individu berkembang menjadi banyak individu. Itulah yang disebut berkembang biak (reproduksi).

8. Beradaptasi

Apakah Anda pernah memperhatikan saat anjing atau kucing sedang tidur? Saat mereka menggulungkan badannya, itu menandakan apa? Apakah hewan itu menggulungkan badannya pada hari panas?

Perhatikan bahwa unta menyimpan lemak sebagai cadangan makanan di punuknya. Kaktus memiliki daun berbentuk duri untuk mengurangi penguapan air di lingkungannya yang panas.

Teratai memiliki daun yang lebar untuk mempercepat penguapan air di lingkungannya yang berair. Pohon jati akan menggugurkan daunnya pada musim kemarau untuk mengurangi penguapan.

Nah, semua contoh tersebut merupakan bukti kalau makhluk hidup dapat menyesuaikan diri atau dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Kemampuan beradaptasi membuat makhluk hidup dapat bertahan hidup di lingkungannya.

Jadi, melalui ciri ciri makhluk hidup yang telah dijabarkan di atas tadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa makhluk hidup adalah suatu organisme yang dapat mempertahankan dirinya dari berbagai perubahan lingkungan dan dapat berkembang biak untuk melestarikan jenisnya.

Nah, dari beberapa contoh yang diberikan tadi, dapat dilihat bahwa yang tergolong makhluk hidup adalah mikroorganisme seperti bakteri, tumbuhan, hewan, dan manusia.

 

Rekomendasi

Promo Jsm Indomaret 24 26 Juli 2020, Promo Murah Hanya 3 Hari!!!

jumlah siswa kelas 4 sd jaya adalah 50 orang dari jumlah siswa itu 42 orang mengikuti olahraga