in

Uang Kartal Dan Uang Giral Merupakan Jenis Uang Berdasarkan

uang kartal dan uang giral
uang kartal dan uang giral

Apa itu Uang Kartal dan Uang Giral? Simak Pengertian dan Perbedaannya

Uang kartal dan uang giral merupakan jenis uang yang memiliki peran yang sangat penting bagi setiap kebutuhan masyarakat.

Peranan uang sangat penting dalam perekonomian. Seluruh barang dan jasa dalam perekonomian dinilai dengan satuan uang. Seiring dengan perkembangan perekonomian atau dalam perekonomian modern, uang memiliki fungsi yang beragam tidak hanya sebatas sebagai alat tukar lagi, namun juga sebagai alat satuan hitung, alat penyimpanan nilai, dan sebagai ukuran pembayaran yang tertunda.

Uang kartal dan uang giral merupakan jenis uang yang memiliki peran yang sangat penting bagi setiap kebutuhan masyarakat.

Jenis dan bentuk uang pun tidak lagi hanya pada uang kertas dan logam atau biasa disebut dengan uang kartal, tetapi ada juga berbagai jenis dan bentuk uang lainnya, seperti kartu kredit, rekening, dan simpanan uang masyarakat di bank atau bisa disebut sebagai perantara keuangan. Semakin berkembangnya perekonomian semakin luas pula peranan uang.

Uang yang beredar dalam masyarakat dapat dibedakan menjadi 2 bagian yaitu uang kartal dan uang giral, untuk lebih memahami mengenai kedua jenis uang tersebut, mari simak penjelasanya dibawah ini :

Pengertian Uang Kartal dan Uang Giral

Uang kartal adalah uang yang dikeluarkan oleh negara berdasarkan Undang-undang yang berlaku dan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah. Di Indonesia Uang kartal terdiri atas uang logam dan uang kertas, dan bisa dijadikan sebagai alat tukar valuta asing yang digunakan sebagai alat transaksi perdagangan internasiaonal.

 

Uang giral merupakan dana yang disimpan pada bank-bank umum yang sewaktu-waktu dapat digunakan untuk melakukan pembayaran dengan prantara cek, giro, bilyet, surat saham dan lain sebagainya. Uang giral dikeluarkan oleh bank umum dan merupakan uang yang tidak berwujud karena hanya berupa saldo tagihan bank.

 

memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan uang kartal. Salah satunya adalah keamanan bagi pemiliknya. Jika uang kartal, yang berbentuk uang kertas dan uang logam, hilang karena keteledoran pemiliknya, maka uang tersebut tidak dapat dilacak keberadaannya.

Halaman |1 | 2 | 3 | | |

Rekomendasi