in

Usai Ditunjuk Jokowi, Kepala BKKBN Usul Pendidikan Sek* Harus Masuk Kurikulum Sekolah

Kepala BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) Hasto Wardoyo

Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo

Bagaimana prosesnya, sehingga akhirnya Anda ditunjuk jadi kepala BKKBN?

Jabatan kepala di BKKBN ini kan lama kosong. Kemudian, ada proses-proses untuk mengisi jabatan ini. Kemudian, dirapatkan di Kantor Staf Presiden. Kemudian, ada rapat-rapat di tingkat Presiden, yang akhirnya memutuskan agar posisi ini untuk segera diisi. Kalau enggak salah bulan Januari – Februari, saya sudah dikasih bocoran untuk ada di sini.

Anda tahu kenapa dipilih untuk mengisi posisi kepala BKKBN?

Mungkin, karena saya dokter obgyn. Saya lebih dekat dengan masalah-masalah reproduksi dan kontrasepsi. 

BKKBN ini sudah nyaris dilupakan masyarakat, apalagi KB. Tanggapan Anda?

PascaOrde Baru, BKKBN ini memang seolah terpuruk. Karena memang terjadi desentralisasi, sehingga struktur BKKBN dipangkas semua. Semua dilimpahkan ke daerah dan akhirnya di daerah itu bukan dihidupkan, tetapi dihilangkan. Ada 517 kepala KB di daerah, hilang semua. Ini tantangan. 

Maksudnya?

Kalau kita berpikir seperti Pak Jokowi bahwa manusia sebagai komponen utama dalam pembangunan, karena manusia diharapkan menjadi sumber SDM yang unggul, kemudian membawa Indonesia maju. Kuncinya kan di production manusia, di hulunya. Jadi, mau SD-nya bagus, gurunya bagus, SMP-nya bagus, kalau raw [bahan baku] materialnya enggak bagus, gimana?

BKKBN ini mengurusi tentang masalah proses reproduksi, mengatur jarak produksinya, tujuannya apa? Supaya kualitasnya unggul. Kalau di hulu ini tidak dikendalikan, mau seperti apa cita-citanya mempunyai SDM yang unggul. Menurut saya, mau sekolahnya diperbaiki sebaik-baiknya, ya kalau raw materialnya itu stanting, mau sebaik apa pun tetap susah. Namun, tantangannya komponen-komponen modalitas yang dipakai kampanye adalah komponen yang old yang tua. Kita ini membawa mobil Mercy tahun ‘70-’80 an. Disuruh bertanding dengan yang sekarang, jelas enggka ngangkat.

Halaman | | 1 |2 | 3 | | |

Rekomendasi