Hal apa yang sepatutnya menjadi acuan utama kurikulum? Dalam menentukan kurikulum, ada beberapa acuan yang sepatutnya dipertimbangkan. Pertama, adalah tujuan kurikulum.

Tujuan kurikulum adalah menjelaskan apa yang harus dicapai oleh peserta didik melalui proses belajar yang dilakukan. Tujuan kurikulum harus sesuai dengan visi, misi, dan nilai-nilai yang dipegang oleh sekolah atau institusi pendidikan tersebut.

Kedua, adalah kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik. Kompetensi adalah kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik melalui proses belajar, baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik.

Ketiga, adalah sumber belajar yang digunakan. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk membantu proses belajar, seperti buku teks, video, atau materi online.

Sumber belajar harus dipilih dengan cermat dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik serta tujuan kurikulum.

Keempat, adalah metode pembelajaran yang digunakan. Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk menyampaikan materi dan mengajar peserta didik. Beberapa contoh metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah diskusi kelompok, presentasi, dan pembelajaran langsung di lapangan.

Kelima, adalah asesmen yang digunakan untuk menilai kemajuan peserta didik. Asesmen adalah proses menilai kemajuan peserta didik melalui tes, observasi, atau cara lainnya.

Asesmen harus sesuai dengan tujuan kurikulum dan harus memberikan umpan balik yang bermanfaat bagi peserta didik.

Kurikulum harus dirancang dengan cermat dan memperhatikan semua acuan tersebut agar dapat memberikan pengalaman belajar yang efektif bagi peserta didik.