in

Jelaskan teknik – teknik tenun tapestri !

Jelaskan teknik - teknik tenun tapestri
Jelaskan teknik - teknik tenun tapestri

Halo sahabat setia TEKAPE.ID, kali ini kita kembali belajar dengan menjawab pertanyaan tentang Jelaskan teknik – teknik tenun tapestri. Kamu sudah tidak sabar? Yuk langsung saja.

PERTANYAAN:

Jelaskan teknik – teknik tenun tapestri !

 

JAWABAN:

Beberapa tahapan dalammembuat ragam hias dengan teknik tapestri adalah sebagai berikut :

1. Menyiapkan Desain Ragam Hias Desain berupa gambar dengan tema tertentu, misalnya gambar kepala harimau.

Desain dibuat untuk mempermudah dalam membuat tenunan. Desain ini merupakan model yang akan dibuat kedalam tenunan tapestri.

2. Menenun Tenun tapestri terdiri dari benang lungsi sebagai dasar dan jalinan benang pakan yang memberi ragam hiasnya. Jalinan benang lungsi dan pakanakan menyatu dalam satu bentuk ragam hias.

Ada dua macam teknik dalam tenunan tapestri antara lain :

*.Teknik tenun simetris. Teknik tenun tapestrimenggunakan teknik tenun simetris yaitu teknik dengan memasukkan benang pakan sejajar dengan tenunan benang pakan lainnya dan terkait diantara benang lungsi sehingga membentuk ragam hias.

*.Teknik tenun a-simetris. Penggunaan teknika-simetris yaitu teknik menenun dengan benang pakan ditenun menyilang pada benang lungsinya dan dilakukan berulang-ulang sesuai dengan desain ragam hias yang di buat.Tenun tapestri juga terdapat sambungan antar benang-benangnya.

Benang yang disambung umumnya terdapat pada benang pakannya, karena pada benang pakan merupakan unsur pembentuk ragam hiasnya.

SUMBER: brainly.co.id

 

 

Terimakasih sahabat setia TEKAPE.ID, pertanyaan tentang Jelaskan teknik – teknik tenun tapestri sudah terjawab bukan? Temukan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang kamu cari hanya di laman kami. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi